Jenis Ikan Tetra

Ada beragam jenis ikan akuarium yang tersedia, dan Anda bisa mempersempit spesies yang tepat untuk Anda. Ikan tetra juga termasuk salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar.

Banyak aquarists menyukai tetra karena sifatnya yang damai, dan betapa mudahnya mereka dapat menyesuaikan diri dengan berbagai jenis pengaturan.

Spesies tetra mendiami berbagai habitat, dari Amerika Selatan hingga Afrika Timur, di mana mereka bersumber dari lahan basah, danau, kolam, dan sungai.

Jenis Ikan Tetra

Apa saja jenis-jenis ikan tetra?, simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya guys.

Kardinal Tetra (Paracheirodon Axelrodi)

Kardinal tetra sangat mirip dengan neon tetra yang lebih populer. Itu asli ke negara-negara Amerika Selatan Venezuela, Brasil, dan Kolombia di lingkungan seperti anak sungai Rio Negro.

Di alam liar, kardinal tetra lebih suka saluran air yang ditutupi oleh hutan hujan lebat di mana airnya statis atau bergerak lambat.

Ini adalah ikan sekolah, dan karena itu, Anda harus menyimpan komunitas ikan di dalam tangki Anda.

Temperatur harus berkisar antara 73 hingga 80 ° F dengan PH di bawah 6. Pastikan tangki Anda memiliki ruang renang terbuka selain beberapa tempat persembunyian.

Anda dapat memilih untuk memiliki akuarium yang ditanam dengan wilayah tengah terbuka.

Menjadi omnivora, kardinal tetra akan makan sebagian besar makanan, tetapi Anda harus menyediakan banyak makanan serpihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin mereka.

Ikan umumnya akan mudah dipelihara karena mereka jarang rentan terhadap penyakit. Pastikan kimia stabil setiap saat.

Kardinal tetra akan hidup berdampingan secara damai dengan spesies lain termasuk spesies tetra lainnya, gurami kerdil, dan danios.

  • Ukuran Dewasa: 2 inci (5 cm)
    Ukuran Tangki Minimum: 20 Galon
    Suhu Air: 73 – 80 ° F (23-27 ° C)
    Temperamen: Damai
    Umur: 2-4 Tahun

Tetra Mata Merah (Moenkhausia Sanctaefilomenae)

Tetra Mata Merah terkenal karena bintik merah terang di dekat matanya, dan rona emas keemasan di tubuhnya.

Pita kuning yang ada di dasar sirip ekor telah memberinya nama Yellow-banded Moenkhausia.

Pertama kali dideskripsikan pada tahun 1907, dan mendiami sungai-sungai di Brasil barat, Peru timur, Paraguay, dan Bolivia timur.

Biasanya akan mencapai panjang 2,75 inci, dengan umur tiga hingga lima tahun. Ini terutama akan menarik bagi pemula karena mentolerir kondisi air yang berbeda.

Temperatur dapat berkisar antara 73 hingga 82 ° F dengan PH antara 5,5 hingga 8,5.

Tetra Mata Merah dikenal sebagai tempat yang damai, dan itu akan berkembang dalam sebuah tangki komunitas. Karena mereka mendiami daerah dengan hutan lebat di alam, Anda harus memelihara tangki yang remang-remang.

Gunakan penutup tanaman dan substrat gelap di sisi dan belakang akuarium.

  • Ukuran Dewasa: 2,8 inci (7 cm)
    Ukuran Tangki Minimum: 30 Galon
    Suhu Air: 72 – 80 ° F (22-27 ° C)
    Temperamen: Damai
    Umur: 3-5 Tahun

Neon Tetras (Paracheirodon innesi)

Neon tetras sangat populer di komunitas pemeliharaan ikan, berkat kemudahan perawatan dan warnanya yang menarik.

Itu ditemukan di Amazon pada tahun 1934. Penampilannya termasuk garis biru yang memanjang dari matanya ke sirip adiposa.

Garis merah lainnya membentang dari pusat tubuh mereka ke sirip ekor. Bagian tubuh lainnya transparan, dan mereka bahkan bisa menyembunyikan kemilau biru / merah agar tetap aman jika merasa terancam.

Ukuran rata-rata adalah 1,5 inci, dan mereka akan membutuhkan ukuran tangki minimal 10 galon.

Di alam liar, neon tetra lebih suka kanopi padat, itulah sebabnya Anda harus menyimpannya di tangki yang banyak ditanam. Termasuk kayu apung akan memberikan lebih banyak kegelapan dan naungan.

PH air harus jatuh antara 6,0 hingga 7,0 dengan suhu antara 70 hingga 81 ° F.

Sangat mudah untuk memberi makan tetra neon karena mereka akan menyambut makanan beku dan hidup serta serpihan dan pelet.

Ikan akan tumbuh subur di komunitas penghuni bawah yang damai seperti cichlids kerdil, ikan lele kecil, dan ikan gurami.

Hindari menyimpan tetra neon dengan ikan agresif di malam hari, karena mereka mungkin memakannya.

  • Ukuran Dewasa: 1,4 inci (3,5 cm)
    Ukuran Tangki Minimum: 10 Galon
    Suhu Air: 69 – 80 ° F (21-27 ° C)
    Temperamen: Damai
    Umur: 8-10 Tahun

Kongo Tetra (Phenacogrammus Interruptus)

Tetra Kongo dikenal karena penampilannya yang bercahaya, dan bersumber dari Sungai Kongo. Tubuhnya berwarna hijau, biru, merah, dan kuning, dan sisiknya besar.

Ini adalah salah satu tetra yang lebih besar, karena dapat mencapai panjang tiga inci.

Pembiakan tetra Kongo memiliki hasil yang beragam setelah pertama kali ditemukan, tetapi aquarists di Florida berhasil melaporkan garis pembiakan pada tahun 1970-an.

Di habitat aslinya, tetra Kongo lebih menyukai air yang sedikit asam dan vegetasi tinggi serta substrat yang terdiri dari lumpur, pasir, dan lanau.

Tetra Kongo akan, karena itu, berkembang dalam gelap dan air masih dengan cahaya rendah.

Anda dapat mencapai pengaturan ini dengan menggabungkan tanaman terapung dengan lampu akuarium redup. Investasikan dalam tangki 40 galon atau lebih besar untuk memberi Kongo cukup ruang untuk menjelajah.

Persyaratan suhu untuk tetra Kongo adalah antara 74 hingga 82 ° F sedangkan PH idealnya jatuh antara 6.0 hingga 6.5.

Pastikan Anda menyimpan setidaknya enam spesies bersama-sama, dan yang terbaik adalah menghindari tankmates agresif yang dapat menggertak tetra Kongo.

  • Ukuran Dewasa: 7,5 cm
    Ukuran Tangki Minimum: 30 Galon
    Suhu Air: 74 – 82 ° F (23-28 ° C)
    Temperamen: Umumnya Damai
    Umur: 3-5 Tahun

Tetra Jantung Berdarah (Hyphessobrycon erythrostigma)

Tetra Hati Berdarah cukup kuat, menjadikannya favorit di antara para aquarists pemula. Hal ini penting untuk titik merah di sisi mereka, yang telah memberi mereka nama Tetra Berujung Merah.

Berasal dari DAS Amazon, serta cekungan sungai lainnya di Amerika Selatan.

Anda membutuhkan minimal 20 galon-tank untuk menjaga Bleeding Heart Tetra. Suhu harus turun antara 72 hingga 80 ° F dengan PH antara 6.5 hingga 7.0.

Tetra umumnya akan menempati area tengah dan bawah tangki, dan hanya akan berenang ke atas jika oksigen tidak mencukupi.

Karena ini adalah ikan sekolah, yang terbaik adalah menjaga Tetra Hati Pendarahan di sekolah yang terdiri atas empat hingga enam spesies. Ikan tetra lainnya akan menjadi teman tangki yang baik seperti halnya Rasboras dan Danios.

  • Ukuran Dewasa: 2,5 inci (6,5 cm)
    Ukuran Tangki Minimum: 20 Galon
    Suhu Air: 72 – 80 ° F (22-27 ° C)
    Temperamen: Damai
    Umur: 3-5 Tahun

Black Phantom Tetra (Megalamphodus megalopterus)

Black Phantom Tetra adalah spesies asli dari Brasil tengah dan Paraguay. Ini dikenali karena penampilannya yang tembus hitam, dan Anda dapat membuat tampilan kontras yang memukau jika Anda memasangkannya dengan spesies tetra warna-merah seperti Serpae tetras atau Red-Phantom tetra.

Black Phantom Tetras akan berada di rumah dalam tangki yang ditanam dengan baik, pencahayaan redup, dan substrat gelap. Simpan di sekitar 20 galon, dan tutup tangki saat mereka mencatat jumper.

Suhu dan PH masing-masing harus 72-82 ° F dan 6.0-7.5.

Salah satu aspek menarik dengan Black Phantom Tetras adalah “pertarungan pura-pura” yang melibatkan laki-laki. Mereka terutama bertengkar tentang ruang teritorial, meskipun pertempuran mengakibatkan luka ringan.

  • Ukuran Dewasa: 1,4 inci (3,5 cm)
    Ukuran Tangki Minimum: 15-20 Galon
    Suhu Air: 72 – 82 ° F (22-28 ° C)
    Temperamen: Semi-Agresif
    Umur: 5-6 Tahun

Kesimpulan

Baik pemula maupun akuatis tingkat lanjut menyukai ikan tetra karena penampilannya yang berwarna-warni, perawatannya mudah, dan alamnya tenang. Spesies seperti mata merah, neon, lemon, dan cahaya memiliki banyak penggemar.

Kebanyakan tetra berasal dari cekungan Amazon serta sistem sungai lainnya di Amerika Selatan. Yang terbaik adalah mencoba dan mereplikasi habitat alami spesies pilihan Anda.

Sebagian besar tetras akan tumbuh subur dalam PH antara 6,8 hingga 7,8 dan suhu antara 75 hingga 80 ° F.

Sebagian besar tetra akan terasa nyaman di tangki antara 10 hingga 20 galon, tetapi Anda dapat memberi mereka lebih banyak ruang untuk aktif.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>