Jenis-Jenis Tanaman Bambu

Ukuran tanaman bervariasi dari satu spesies ke spesies dari kayu raksasa hingga semusim kecil. Bambu berevolusi sekitar 30-40 juta tahun yang lalu setelah dinosaurus mati.

Ini terkenal karena tumbuh sangat cepat karena dapat tumbuh hingga 91-122 sentimeter dalam satu hari. Itu berarti bahwa itu benar-benar tumbuh hingga 3,8-5,0 sentimeter dalam satu jam!

Spesies bambu terutama dibagi menjadi dua jenis utama: pelari dan rumpun. Pohon-pohon bambu clumper tumbuh menjadi gundukan yang meluas secara perlahan sementara pelari menghasilkan rebung beberapa meter dari tanaman induk.

Jenis Tanaman Bambu

Di bawah ini merupakan jenis jenis bambu yang mungkin belum kamu ketahui. Simak baik-baik ya guys.

Bambu Clumper

Rumpun bambu populer karena mereka bukan spesies invasif dan tinggal di wilayah yang ditugaskan. Batang bawah tanah mereka yang disebut rimpang berbeda dari kayu lain atau bambu non-rumpun.

Mereka benar-benar membuat bentuk-u bukannya menyebar secara horizontal. Batang baru muncul di sebelah tanaman induk dan hanya menyebar beberapa inci setiap tahun.

Mereka dapat tumbuh hingga 8-25 kaki, tergantung pada spesies bambu.

Bamboo Fargesia Murielae

Fargesia adalah rumpun bambu yang termasuk dalam bagian tanaman berbunga dari keluarga rumput. Ini asli ke Cina tetapi dapat ditemukan di beberapa daerah Himalaya timur dan Vietnam.

Beberapa spesies Fargesia dibudidayakan sebagai tanaman hias seperti bambu air mancur atau bambu payung.
Fargesia mengembangkan rumpun gunung kecil hingga menengah.

Ini sebagian besar ditemukan di hutan konifer alpine di banyak wilayah di Asia Timur. Mereka disebut ‘Jian Zhu’ dalam bahasa Cina, yang berarti bambu panah. Nama ilmiah, Fargesia, diberikan kepada mereka untuk menghormati seorang ahli botani Prancis bernama Père Paul Guillaume Farges.

Bambu rumpun khusus ini sebenarnya dikenal sebagai bambu tersulit di dunia tetapi bukan spesies invasif. Mereka adalah makanan favorit Panda Raksasa yang lucu.

Penurunan jumlah Fargesia memiliki efek terburuk pada populasi panda di Tiongkok. Mereka sekarang tersedia di banyak pembibitan di dunia karena harganya terjangkau dan memiliki kebiasaan penggumpalan yang tebal.

Bamboo Guadua

Guadua adalah bagian dari genus Neotropical dan merupakan jenis bambu berduri yang berduri. Ini adalah spesies bambu sedang hingga besar yang dikenal sebagai jenis bambu Neotropis terbesar di dunia.

Jenis bambu ini banyak ditemukan di Uruguay hingga Trinidad dan Meksiko utara. Konsentrasi terbesar dari spesies ini ditemukan di lembah Orinoco dan Amazon.

Pohon-pohon biasanya ditemukan di ketinggian rendah kurang dari 1.500m, tetapi beberapa spesies dapat hidup di ketinggian lebih dari 2.500m.

Mereka ditemukan di semua jenis habitat termasuk sabana, hutan galeri, hutan pegunungan rendah, hutan tropis dataran rendah, dan vegetasi antar-Andean di lembah-lembah.

Guadua adalah bambu Amerika yang penting karena banyak digunakan untuk pembangunan rumah di pesisir dan tepi sungai di Ekuador dan Kolombia.

Bahan bangunan populer karena memiliki kualitas perlindungan daerah aliran sungai yang besar. Bambu bahkan digunakan untuk sifat mekanisnya sebagai baja nabati.

Eksploitasi yang berlebihan telah menyebabkan berkurangnya jumlah alami. Kita perlu memastikan penebangan bambu yang berkelanjutan karena Guadua lebih efektif dalam menghilangkan karbon dioksida dari udara daripada banyak pohon tropis lainnya.

Pohon Bambu Raksasa

Bambu Raksasa yang dikenal sebagai Dendrocalamus Giganteus adalah bambu rumpun subtropis dan tropik raksasa. Ini berasal dari Asia Tenggara dan merupakan salah satu spesies bambu terbesar di dunia.

Bambu hijau keabu-abuan ini tumbuh dalam rumpun dekat dan biasanya mencapai ketinggian 30 meter (98 kaki). Ini berjalan agak cepat dan dapat tumbuh hingga 40 cm sehari dalam kondisi yang menguntungkan.

Biasanya ditemukan tumbuh di sepanjang tepi sungai di ketinggian rendah dan tinggi. Bambu tersebut berasal dari Thailand, Myanmar, Indonesia, Asia Tenggara, Sri Lanka, India, dan Bangladesh.

Batang bambu lurus dan memiliki penampilan seperti bubuk. Saat kering, warnanya berubah menjadi hijau kecoklatan dan memiliki permukaan yang halus.

Tunas muda dari Bambu Raksasa adalah warna ungu kehitaman. Bambu Raksasa populer digunakan di India untuk konstruksi jembatan.

Biasanya bambu juga digunakan sebagai penguat beton, perancah, tangga, bingkai rumah di dinding, ubin, dan penutup lantai. Daunnya biasa digunakan untuk jerami.

Bamboo Chusquea Culeou Chili

Chusquea Culeou umumnya dikenal sebagai bambu Chili dan merupakan spesies tanaman berbunga dari keluarga rumput Poaceae.

Bambu yang selalu hijau ini adalah tanaman asli Amerika Selatan dan umumnya merupakan spesies yang tahan terhadap embun beku.

Ini dibudidayakan secara luas di daerah beriklim sedang dan asli ke barat daya Argentina, hutan lembab Chili, dan hutan hujan Valdivia.

Bambu Chili adalah tanaman yang sangat penting karena mengendalikan pola dinamika hutan. Ini menghambat regenerasi spesies pohon sehingga mereka tidak tumbuh terlalu cepat dan mati karena kedinginan.

Mereka tumbuh hingga ketinggian 8m atau 26 kaki. Mereka menggumpal bambu dan membentuk gumpalan besar ketika kondisinya menguntungkan.

Mereka memiliki daun lanceolate rambut yang memiliki tulang belakang, dan bunganya berwarna coklat muda. Periode mekar dapat berlangsung selama 60 tahun dan tanaman mati setelah melepaskan bijinya.

Tidak seperti kebanyakan bambu, batang bambu Chili benar-benar padat.

Tongkat bambu bisa tumbuh hingga 6m dan pada awalnya digunakan oleh suku Aborigin untuk membuat tiang tombak mereka. Mereka juga digunakan untuk membuat trutruca, yang merupakan alat musik.

Bambu Pelari

Running Bamboo dikategorikan berdasarkan karakteristik rooting-nya. Ada dua jenis utama perkembangan rimpang. Lari bambu memperlihatkan rimpang monopodial atau leptomorph yang dikenal dengan batang bawah tanah independen yang mereka hasilkan. Lari bambu ditemukan di hampir semua iklim dunia.

Bambu Panah

Pseudosasa japonica umumnya dikenal sebagai bambu panah Jepang. Nama ini berasal dari ketika Samurai Jepang menggunakan tongkat bambu yang kaku dan keras untuk membuat panah.

Mereka asli daerah Korea dan Jepang seperti Kyushu, Honshu, dan Honshu. Mereka juga ditanam di zona tanaman 6-10 di Amerika Serikat dari Florida hingga Connecticut selatan.

Bambu panah adalah spesies yang tahan dingin dan tahan suhu hingga 0 ° F / -17,7 ° C. Dapat tumbuh di bawah sinar matahari penuh atau teduh dan memiliki daun seperti kelapa. Panjang daunnya mencapai 5-13 inci.

Biasanya warna kuning-cokelat dan bahkan dapat bertahan dalam wadah dan dekat udara asin.

Bamboo Pleioblastus

Nama ilmiah bambu Dwarf Green Stripe adalah Pleioblastus. Ini adalah genus bambu monopodial Asia Timur. Tanaman ini asli ke Jepang dan Cina, serta Selandia Baru, Eropa, Korea, dan Belahan Barat.

Bambu ini terkenal dengan daun hijau kekuning-kuningan dengan garis-garis hijau, yang terlihat sangat indah di awal musim panas dan musim semi.

Bambu sebagian gugur daun bahkan di musim dingin yang ringan. Inilah sebabnya mengapa dipangkas ke tanah di musim semi oleh tukang kebun untuk mempertahankan daya tariknya.

Ini dingin-tahan dan bertahan hingga 0 ° F, tetapi beberapa spesies bahkan dapat bertahan hidup dari pilek Minnesota. Sisi bawah daun bambu ini ditutupi rambut halus. Ini membuat bambu sangat tahan terhadap tungau bambu.

Tanaman ini menyebar dengan giat melalui rimpang bawah tanah. Mereka berlari di bawah permukaan tanah dan menghasilkan planlet kecil di node.

Mereka digunakan untuk memperbanyak tanaman baru, tetapi tukang kebun harus berhati-hati. Jika tidak dihapus dengan benar, mereka dapat menjadi invasif.

Bamboo Phyllostachys Hitam

Phyllostachys umumnya dikenal sebagai Bambu Hitam dan termasuk dalam genus bambu Asia. Itu asli Cina selatan dan tengah, serta daerah Himalaya dan Indocina utara. Beberapa spesies telah beradaptasi dan dinaturalisasi di Australia, Amerika, Eropa selatan, dan Asia.

Batang atau batang bambu hitam membentuk alur terkenal yang disebut sulkus. Ini membentang sepanjang setiap simpul atau ruas bambu.

Bambu hitam diidentifikasi oleh fitur unik ini karena membantu bambu menyebar secara agresif melalui rimpang bawah tanah.

Spesies Phyllostachys tumbuh hingga 30 m atau 100 kaki jika kondisinya optimal. Spesies bambu hitam yang lebih besar dikenal sebagai bambu kayu karena sering digunakan untuk membuat furnitur dan konstruksi.

Spesies lain digunakan sebagai tanaman hias meskipun mereka cenderung menyebabkan masalah. Mereka adalah spesies invasif yang perlu ditanam dalam wadah atau dibatasi secara buatan. Beberapa spesies juga dapat ditanam sebagai pohon bonsai.

Penutup

Nah itu tadi merupakan jenis-jenis tanaman bambu yang mungkin belum kalian ketahui. Sekian semoga bermanfaat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>