MENGENAL 9 ALAT MUSIK TRADISIONAL TURKI

1 SAZ (panjang dekade terakhir dari Turki)

Saz adalah leluhur Bouzouki Yunani. Itu berasal dari Asia Tengah, di mana orang-orang Turki hidup sebelum emigrasi Barat. Seperti gitar di Spanyol dan Bouzouki di Yunani, Saz adalah instrumen senar paling populer di Turki. Meskipun bentuknya menyerupai bouzuki Yunani, konstruksi Saz, ukuran dan suaranya berbeda. Baglama saz harus dapat memainkan alat musik Arab. Instrumen ini memiliki fret penjilidan tradisional yang dapat dipindahkan dan 3 senar.

2 Baglama

Baglama adalah alat musik gesek yang paling umum digunakan di Turki. Nama yang berbeda diperlukan menurut wilayah dan ukuran seperti Baglama, Divan Sazi, Bozuk, Çögür, Kopuz Irizva, Cura dan Tambura, dll.

Cura adalah anggota termuda dari keluarga Baglama dengan nada paling keras. Satu anggota lebih besar dari cura yang memilih satu oktaf lebih rendah dari cura adalah tambura. Orang yang memiliki suara lebih dalam adalah Diwan Sassi, yang suaranya kurang dari satu oktaf dari Tamboura.

Baglama memiliki tiga bagian utama yang disebut Tekne, Gögüs, dan Sap. Bagian-bagian tekne biasanya dibuat dari pohon mulberry dan juga juniper, beech, spruce atau walnut.

Ada potongan-potongan yang disebut burgu (paku) di ujung getah yang berseberangan dengan tali tempat kabelnya diikat. Sekrup ini digunakan untuk penyesuaian. Ada taman bermain di nira terkait dengan pancing. Baglama dimainkan dengan Mizrap atau Tezene yang terbuat dari kulit kayu ceri atau plastik dan jari-jari digunakan di beberapa daerah. Teknologi selanjutnya disebut Selpe.

Ada tiga kelompok seri di Baglama dalam kelompok dua atau tiga. Grup seri ini dapat dimodifikasi dengan berbagai cara. Misalnya dalam pola sintesis yang disebut baglama Düzeni, string dalam grup bawah ‘la’, dan string tengah dan string grup atas memberikan catatan kemiringan. Selain jenis sintesis, ada pola dari Kara Düzen, Misket Düzeni Müstezat, Abdal Düzeni, Rast Düzeni dll.

3 TER

Tar adalah instrumen Turki populer yang dimainkan dengan bulu tangkis (tezene). Ini banyak digunakan di wilayah Kars. Ini juga merupakan alat yang populer di Azerbaijan, Iran, Uzbekistan dan Georgia. Tubuhnya terdiri dari dua wadah ukuran berbeda dan umumnya terbuat dari pohon murbei. Bagian gögü ditutup dengan selaput yang diambil dari jantung kerbau atau sapi. Getahnya berasal dari kayu solid dan tali pancing melekat padanya.

Ada dua kelompok utama string di tar. Mereka yang berada di kelompok pertama digunakan untuk bermain catatan dan terdiri dari tiga kelompok yang terdiri dari dua seri.

4 KEMAK KABAK

Kemane Kabak adalah alat bengkok Turki. Tampilkan perbedaan berdasarkan wilayah dan bentuk. Gadget yang dikenal sebagai Kabak, Kemane, Iklig, Rabab, atau Hegit dikenal di Provinsi Hatay atau Rubaba di Turki tenggara, KemanÁa di Azerbaijan, Gicak, Giccek, atau Gijek memiliki asal yang sama di Turki.

Bagian tubuh atau tekne umumnya terbuat dari sumsum sayuran, tetapi bagian kayunya juga umum. Getahnya terbuat dari kayu solid. Di bawah lambung adalah batang kayu atau logam tipis yang ditempatkan di lutut yang memungkinkan alat bergerak ke kiri dan ke kanan. Busur dibuat dengan mengikat bulu kuda di kedua ujung tongkat. Mantan tendon usus yang disebut Kiris yang diganti dengan yang logam digunakan hari ini.

Kabak kemane adalah alat bebas nada yang dengan mudah menghasilkan semua jenis suara warna. Suara ini cocok untuk gim lama dan dapat digunakan di legato, Staccato, dan Pizzicato.

5 Karadeniz Kimenese

Karadeniz Kemencesi adalah alat bengkok untuk rakyat Turki. Seperti yang diharapkan dari namanya, itu adalah instrumen yang banyak digunakan di wilayah Laut Hitam. Tubuhnya terdiri dari kayu murbei, prem dan juniper. Bagian lengkung biasanya rosewood atau peti kayu. Rambut kuda diikat di ujung busur.

Kemence adalah instrumen tiga dawai. Sementara rantai yang dipotong dari usus digunakan dengan kemences, hari ini sebagian besar rantai logam digunakan.

Kemence adalah alat yang bebas nada dan dimungkinkan untuk mendapatkan semua jenis suara berwarna dengan mudah. Biasanya dimainkan dengan menekan dua senar secara bersamaan dan mendapatkan seperempat not paralel. Selain itu, dimainkan dengan teknik khusus yang dicapai gerakan pergelangan tangan.

6 Zurna

Zurna adalah instrumen jenis angin Turki yang populer. Karena suaranya yang kuat biasanya dimainkan di luar ruangan, di acara-acara seperti pernikahan desa, mengirim anak-anak ke dinas militer, pertemuan olahraga, tarian rakyat dan acara-acara perayaan lainnya. Melodi pertama Mehter (Tim Janissary) berada di periode Ottoman. Juga digunakan dalam beberapa pertunjukan teater tradisional (orta oyunu). Biasanya diiringi oleh drum. Karena kesulitan intonasi dan tingkat volume yang tinggi, ini tidak digunakan dalam grup musik. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, telah digunakan oleh banyak grup musik populer.

Zurna memiliki jangkauan audio sekitar dua oktaf dan memiliki delapan tombol nada dengan tujuh di depan dan satu di belakang. Kuncinya terletak di belakang dua not pertama ke bagian buluh di depan. Saklar bulat umumnya dengan diameter 6-8mm. Panjang perangkat bervariasi antara 30-60 cm dan melebar seperti corong yang dimulai di ujung lubang melodi. Bagian ini disebut kalak. Pada akhir tiupan itu, ada tabung seperti batang tipis di mana alang-alang pergi. Ini adalah batang yang disebut Metem. Sepotong melingkar terpisah dengan lubang di tengah ditempatkan pada Metem untuk membantu teknik pernapasan. Bagian ini disebut Avurtluk. Gaya bermain yang paling umum di zurna adalah gaya bermain berkelanjutan di mana udara yang terkumpul di mulut gua meningkat dari alang-alang,

Ada tujuh lubang di samping tombol melodi pada bagian-bagian dengan diameter lebih kecil. Mereka disebut seytan deligi (penusuk setan) atau cin deligi (penindikan jin). Itu dapat ditutup dengan lilin atau bahan serupa sesuai dengan pencarian suara pemain.

Perangkat berubah antara 60 dan 30 cm. Panjangnya, seperti yang kami sebutkan, dibagi menjadi tiga jenis menurut suaranya: Kaba Zurna, Orta Kaba Zurna dan Cura Zurna (Zil Zurna). Mereka umumnya terbuat dari kayu pohon seperti persik, aprikot, kenari, pedang dll.

7 kaval

Kaval adalah alat musik tiup Turki yang populer. Ini dikenal sebagai alat Sponsor. Itu juga disebut Guval dan Kuval di berbagai daerah. Keyakinan bahwa Gembala menuntun domba-dombanya dalam kerumunan dengan kavaleri adalah kepercayaan yang berlaku di antara orang-orang. Kata kavaleri dapat berasal dari kata “kav” yang berarti kosong dari dalam.

Rentang suara sekitar 2,5-3 oktaf. Ini adalah instrumen yang banyak digunakan dalam grup musik populer saat ini dan dapat digunakan sebagai instrumen individu dalam band. Kavaleri mempertahankan sifat akustiknya ketika beroperasi dengan mesin lain.

Karena kava tidak diproduksi sesuai dengan standar yang ditetapkan, apa yang dapat dikatakan tentang dimensinya harus sangat umum. Itu bisa berkisar dari 30 cm hingga 80 cm dan sekitar 1,5 cm. Ini memiliki 7 tombol lagu di bagian depan dan satu di bawahnya. Selain itu, ada 4 kunci lain di bagian bawah alat yang disebut Seytan Deliği dan Hazreti Ali.

Kavals dibagi menjadi dua jenis utama seperti Dilli Kaval dan Dilsiz Kaval dan umumnya terbuat dari kayu prem.

8 ÇIGIRTMA

Cigirtma adalah instrumen tipe angin Turki yang populer. Cigirtma terdiri dari tulang sayap elang. Gembala diketahui sering menggunakannya dan merupakan alat yang hampir dilupakan saat ini. Ini memiliki total tujuh kunci nada dengan enam di atas dan satu di bawah sekitar 15-30 cm.

9 Mey

Mai adalah alat musik tiup Turki yang populer. Ini terdiri dari tiga bagian. Anna Govde (bagian utama), Kamis (reed) dan Keskak (bagian). Klip diperbaiki di ujung buluh dan dapat didorong ke atas dan ke bawah pada buluh sehingga memungkinkan penyesuaian dengan memberikan berbagai nada pada suara.

Mai terbuat dari kayu dari kacang persik, beech dll. Jaraknya sekitar satu oktaf. Ia memiliki total delapan kunci nada dengan tujuh di atas dan satu di bawah. Ada tiga jenis Mey: Cura Mey, Orta Mey dan Ana Mey. May disebut Balaban di Azerbaijan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>